Cerpen - Good Day “MonaNino”




Kring… kring… kring…
                 
            “Halo? Oh iya, Cep. Hahaha… rebes, pasti gue bisa masukin tuh bola ke gawang. Siapin aja sesajen buat gue. Oke?” Mona ketawa ngakak disusul cekikikan. Gadis satu ini emang jingkrak banget dalam urusan futsal, padahal belum sekalipun kaki mungilnya berhasil nendang bola sampe gawang, yang ada malah keluar gawang. Tapi, semangatnya itu patut diacungi jempol. Sering kakinya keseleo, kena kaki lawan, lecet dimana-mana sampe setiap usai main futsal kakinya seperti remuk nggak teratur. Absen nggak sekolah, ya Ririz emang satu-satunya cewek di sekolah yang dikirim buat ikut tanding futsal bersama anak sekolah lain, padahal keahliannya Cuma seujung jempol kaki. Ampun, dia emang keras kepala, nggak takut dicaci apalagi dibully. Semangat Mona begitu membara, membumbung tinggi melebihi ketinggian pesawat yang lepas landas.

            “Mon, besok lu mau tanding lagi?” tanya Nino yang sejak tadi sibuk nyalin contekan duduk bersebelahan dengan Mona.
            “Iya nih, No. Doain gue, ya… padahal kaki gue masih sakit gara-gara tanding minggu kemaren.”
            “Hah? Masih sakit? Lama amat sakitnya, padahal udah seminggu. Jangan dipelihara dong, lu mah aneh.”
            “Yey, siapa juga yang melihara sakit. Ini kaki keseleo gara-gara gue nyerudug lawan. eh.” Mona keceplosan, langsung menampar-nampar kecil mulutnya.
            “Lu nyerudug lawan?”
            Mona balas nyengir kuda, dibarengi garuk-garuk kepala.
***
           
Keesokan harinya persiapan Mona sudah sangat matang. Rambut panjangnya diikat ke atas, memakai kaos tim kesayangan berwarna biru langit dengan nomor punggung sebelas. Sewaktu ditanya Nino tentang nomor punggungnya, Mona selalu jawab bahwa sebelas adalah tanggal, bulan, serta tahun dia menyukai seseorang. Siapa ya cowok yang sukses menggaet hati Mona, hati seorang cewek yang doyan jatoh setiap main futsal, cewek yang doyan nyemil kripik singkong di kelas, cewek yang demen banget Ariel, vokalis band.
            “Halo, No… lu ikut gue dong, nyemangatin gue.” pinta Mona di telepon sebelum berangkat.
            “Aduh, Mon. Soriiiii banget, gue nggak bisa. Lu tau sendiri lah gimana cewek gue, bahaya kan kalo nggak jadi nonton film kesukaannya, terus dia ngambek ntar gue lagi yang dicabik-cabik.” Nino meminta maaf. Suaranya kecil, pasti dia lagi di samping Ririz, pacar barunya dari kelas sebelah.
            Pagi-pagi seblum berangkat sekolah biasanya Nino jemput Ririz di rumahnya. Terus berangkat berdua ke sekolah, tapi sayang Ririz dijemput nggak pake motor apalagi mobil. Ya, seusia kantong dan nasib Nino mereka jalan dari rumah Ririz sampe sekolah. Padahal sering telat, tapi nggak ada kata kapok di kamusnya, yang penting bisa berangkat bareng. Seisi sekolah juga udah tau kalau pasangan Nino dan Ririz adalah dua sejoli yang super romantis. Dulu, waktu pertama kali PDKT pas jam istirahat Nino sering teriak-teriak pake toa mushola di sekolah buat nyatain cinta dan Mona bantu ngerangkai bunga mawar putih kesukaan Ririz. Acara penembakan yang sukses dan berhasil merebut perhatian banyak pasang mata. Termasuk guru BK dan kepala sekolah.
            “Ah ngga asik banget. Semenjak lu punya pacar, jadi nga ada waktu buat sahabat lu sendiri.”  Gerutu Mona dan langsung mematikan telepon.
            Semenit kemudian, hapenya bergetar. Sms masuk.
            From Nino:
                        Mon, mafin gue dnk. Pst ad wkt buat lu jg kok.
                        Tp gk skarng. Maf ya… L

            Dua detik kemudian,
                        Yup

            Send, pesan terkirim.
            Mona yanga wajahnya udah bete banget, kusut bahkan lecek kaya duit kertas yang usianya ngga mulus lagi nerogoh kenbali handhpone di tasnya. Lagi, ia mengetik pesan buat Nino.
                        Gk ush repot2 buat dtg lg klo trpaksa.
Gue gk marh cma kecwa shbatan dr kecl tp gk diistmewain.

            Satu menit, dua menit, lima menit, belum ada balesan dari Nino. Mona mulai bete, sampai di lapangan pun mukanya sangat lecek. Baru juga dia log in facebook, pasti mau update status bete, ngeluh dan ujung-ujungnya dibaca Nino… berantem-lagi-deh.
                        Bib Bib…
                        From Nino:
                        Lu istmwa bgt bgi gue.
Ud jgn ngmbek, gue bakal dtg sm ri2z.
           
            Mona mendengus kesal. Membuang napas yang dari tadi nyesekin dada.
***
            “Hoi!, lecek banget mukanya. Napa sih cuuy…” Acep nepuk pundak Mona dari belakang. Tapi nggak sukses ngebuat jantungnya sempoyong. Mona masih diam sebanyak-banyaknya tanpa kata. Cewek yang biasanya paling jingkrak di lapangan mendadak kalem, adem ayem persis kerupuk yang melempem.
            “Bete gue, Cep.” Mona mulai bicara, tapi sedikit.
            “Bete kenapa?”
            “Bete sama lu. Ya, sama Nino lah…”
            “Iya bete gara-gara apa?, cerita dong sama gue.” tanya Acep berusaha serius.
            “Bete soalnya dia udah ngga ada waktu buat gue. Padahal, dulu sebelum dia jadian sama ririz selalu ada waktu buar gue. Kemana-mana kita bareng. Pulang sekolah nongkrong di mall, malan, nonton, eh semenjak dia punya cewek laganya jadi sok sibuk. Benci gue. Harusnya kan dia bisa bagi-bagi waktu, kapan buat ceweknya dan kapan buat gue, sahabatnya.”
            “Lu cemburu?”
            “Ya jelas cemburu lah, Cep. Bayangin aja gue dicuekin abis-abisan sama dia semenjak punya cewek. Dia ngedeketin gua kalo ada maunya aja.”
            “Contoh?”
            “Banyak. Contohnya setiap ada tugas dia cengar-cengir minta contekan. Setiap ada masalah sama ceweknya, gue yang selalu jadi perantara buat nyatuin mereka lagi. Pokoknya banyak deh. Dia ngga nyadar kali ya. Kalo di balik sikapnya yang ngebetein itu bikin ati gue pengen nangis.”
            “Lebbay banget… jadian ama gue aja kalo gitu, gimana?”
            “Aceeeep, gue seriuuuuuuuuuussss!! Gila!” Mona menepuk pundak berkeringat teman sekaligus pelatih futsalnya dengan botol minuman.
            Pertandingan kali ini nggak maksimal. Biasanya Mona emang nggak pernah maksimal nendang bola, dia maksimal kalo soal makan, soal fashion, soal nyanyi lagu-lagu Ariel. Pokoknya soal futsal dia maksimal kalo dalam hal keringat, jatoh, nyerudug lawan, baru dia maksimal.
            Siang ini Matahari sangat semangat menyinari bumi, membakar kulit mulus Mona. Sampai sering sekali keningnya berair, untung ada poninya melambai hampir sebatas alis mata jadi bisa menutupi keringat tiap kali Matahari menyengatnya. Ia merogoh tas dan mengambil handhpone, dilihatnya dengan seksama dan nggak ada pesan masuk dari Nino, kemudian ia memasukkannya lagi dngan rasa kecewa.
            “Bohong! Katanya mau dateng. Hah!” Mona berucap sendiri.  
            “Mona… Mona…!” jelas sekali itu suara Nino. Ada rasa senang Nino mencarinya, tapi terlanjur Mona kecewa gara-gara Nino nggak menepati janji. Mona mempercepat langkahnya dengan mengunyah kripik singkong rasa keju kesukaannya. Dari belakang Nino langsung mencegah langkahnya.
            “Mon, maafin gue. Tadi…”
            “Iye ngga ape-ape. Lagian udah selesei main juga, ngapain uga lu kesini.” Mona memotong ucapan Nino yang belum rampung dikatakan.
            “Tadi gue mau sms lu, tapi hape gue low. Ririz juga lagi ngga sama gue, dia ke rumah sakit.”
            “Ouwh…”
            “Mona… pliiis gue serius!” Nino memohon-mohon dengan muka memelas. Nggak tega juga lama-lama ngejutekin Nino apalagi di jalan banyak orang yang ngeliat. Makin mirip Ariel aja sahabatnya kalau lagi memelas gini.
            “Iya udah gue maafin, terus cewek lu sekarang masih di rumah sakit? Siapa yang sakit?”
            “Thanks, Mon. Nyokapnya kecelakaan, dia masih di rumah sakit.”
            “Lu ngga mau nengok nyokapnya ririz? U kan temen gue, ayolah nengok sebentar.”
            “Aduh, No. sorriiiiii banget gue ngga bisa nengok nyokapnya ririz sekarang. Gue ada perlu, mungkin besok baru gue tengok. Itupun kalo kaki gue ngga pada sakit.”
            Kali ini Nino mendnegus kecewa juga kesal.
***
           
“Monaaaaaaaaaaa…..!” teriak anak-anak seisi kelas. Jelas ngebuat muka Mona yang sejak tadi ditekuk mendadak naik. Bingung kenapa seisi kelas memanggilnya begitu keras, diantara anak-anak kelas dia juga melihat ada Ririz dan Acep. Tapi, kenapa ngga ada Nino?

“Happy birrthday to you…” Nino muncul dari luar kelas membawa kue lengkap dengan lilin menyala. Sorak-sorai menggema pagi itu, semua menyanyikan lagu ulang tahun. Mona yang tadi kebingungan harus berbuat apa, akhirnya dia menangis. Tangis bahagia disertai tawa dan jingkrak yang menjadi khasnya.
“Huuuaaa… makasih banget. Gue kira ngga ada yang inget ulang tahun gue.” Ujar Mona menahan tangis dan menutupi wajah dengan kedua tangannya terus menerus.
“Inget dong. Selamat ulang tahun sahabatku… maaf ya gue jadi jarang ada waktu buat lu, tapi kali ini gue janji bakal selalu ada buat lu. Cewek jingkrak.” Nino memberikan kado dan setelah dibuka, sontak Mona melengkingkan suaranya keras dan melompat-lompat histeris.
“Makasih banget, ini boneka yang selama ini gue incer…” Mona langsung memeluk boneka angry berukuran besar.
“Gue sama Ririz beli itu pas lu tanding futsal. Makanya waktu itu kita ngga bisa dateng, sori ya.”
“Nyebeliiiin. Maafin gue…” ujar Mona meminta maaf dan memeluk Ririz.
Mona pun langsung memukulkan Angry ke Nino dan Ririz. (*)

*Selesai*


BIODATA PENULIS
           
            Naira Nishwa, Lahir di Cirebon, tanggal 27 November 1991. Mahasiswi Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon. Sangat suka dunia menulis, dan berusaha terus menggali ilmu tentang menulis. Alhamdulillah usaha tidak ada yang sia-sia, setelah banyak belajar, banyak mencoba, dan bergabung dengan komunitas penulis akhirnya bisa menjadi juara ll Lomba Membuat Cerpen Tingkat Mahasiswa, bahagia tak terkira. Banyak sekali penulis yang membuat saya termotivasi, salah satunya Mayoko Aiko, Donatus A. Nugroho, Reni Erina, Handoko F. Zainsam, Gol A. Gong.
 
Nomor Telepon         :           0899 63 73 933
Alamat Facebook      :           Naira Nishwa Khan
Alamat Email             :           nairanishwa@ymail.com

            Akun Instagram         :          @lulurwajahalami
 

0 Response to "Cerpen - Good Day “MonaNino”"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar positif, salam sayang saling mengunjungi