Cerpen - Asyik, Gue Dapet Tiket ke Bali !!



“Asyik, gue dapet tiket tour ke Bali” Inez terlihat senang sekali karena berhasil mendapatkan tiket gratis ke Bali.
“Nez… inez…!”  teriak Nayla yang saat itu berada di luar kamar Inez.
“Masuk aja Nay, ngga dikunci pintunya.” jawab Inez menyuruh Nayla masuk kamarnya. Nayla pun langsung masuk kamar Inez, terlihat senyuman riang menghiasi wajah gadis berwajah oval itu.
“Nay, gue dapet tiket tour ke Bali. Loe ikut sama gue ya. Ajak Vani juga.” ujar Inez senang sambil merangkul sahabnatnya.
“Serius, loe?. Mau banget… kapan? Ntar deh gue ngasih tau Vani dulu pasti dia seneng banget”
ujar Nayla sambil mengambil handphone di tasnya dan langsung menelpon Vani, sahabatnya itu.
                                                                      ***
    Tak terasa hari ini adalah hari keberangkatan Inez, nayla, dan Vani ke Bali, terlihat pancaran senyuman indah menghiasi wajah ketiga gadis itu. Dari mulai di jaln, di rumah, sampai ke Bali mereka bertiga tidak pernah tidur, bahkan mereka terus-terus saja memuji keindahan Bali. Hingga akhiranya malam di bali pun tiba.
“ Ke Mall, yuk. ” Ajak Nayla setelah membereskan pakaiannya.
“ Gila loe ya. Sadar dong kita baru aja nyampe, kaki juga masih bengkok. Lurusin dulu kaki loe baru kita ke Mall, mendingan kita pijat dulu aja yuk. ” Jawab Inez
“ Ngga mau, mendingan juga disini tidur. Jangan boros gitu cuy… kita harus hemat, tinggal tidur disini nanti juga kaki kita lurus lagi, cape juga bisa hilang ” Tolak Vina, terkenal dengan orang kaya tapi terlalu hemat.
“ Huh. Dasar tukang ngirit, terserah deh. Yang jelas badan gue pada pegel ” Inez pergi sendiri mencari service pijat
“ Nez, tunggu….” Nayla berlari menyusul Inez
“ Anak muda jaman sekarang, pengennya buang-buang duit mulu. Mendingan juga tidur ” Vina sok bergaya seperti orang tua, dan langsung merebahkan tubuhnya keatas kasur. Selang beberapa menit kemudian matanya pun terpejam, tidur.
(^_^)
 Keesokan harinya….
Breakfast, yuk. Perut gue udah nyanyi mulu neh ” Ajak Vina kepada kedua temannya itu, ternyata kalau soal perut Vina ngga bisa ngirit alias apa aja yang perutnya mau pasti dia kasih.
“ Males, ah. Gue ngga laper, ajak aja Nayla. ” Tolak Inez, padahal sebenarnya Inez laper. Pura-pura biar dapet gratisan dari Vina
“ Ngga ah, Vin. Gue juga belum laper, ntar aja Breakfastnya. ” Nayla pun menolak ajakan Vina
“ Kalo gue bayarin, kalian mau? Ayolah, gue laper banget neh. Masa kalian tega sama teman sendiri ” Kata Vina dengan muka memelas, kalau soal makanan Vina ngga boleh terakhir meski harus menraktir teman-temannya, dia rela.
“………..”
“ Okey, gue kasihan sama loe. Berhubung loe teman gue jadi gue mau nemenin loe makan ” Ujar Inez sok menjadi teman baik
“ Gue juga mau ” Sambung Nayla
     Akhirnya mereka pun pergi mencari makanan, meskipun ketiganya belum mandi tapi mereka cuek “yang penting tetap oke” itu prinsip mereka. Jorse kan, namanya juga ABG super cuek, meskipun mereka belum mandi tapi tetap terlihat oke, parfum mereka kan banyak dan wangi-wangi lagi. sesampainya direstoran mereka memilih makanan sesuka hati mereka karena ada bos Vina yang membayar. Sedang asyik makan, ada seorang pelayan yang menumpahkan miniman baju mereka.
“ PRAAANGNG ” Suara gelas jatuh diatas meja tempat Inez, Vina, dan Nayla makan
“ Auw…. Gila loe yah, emangnya ini tempat nyuci piring?? buang minuman sembarangan. Panas tau kena tangan gue, pecahan gelasnya juga. Pokoknya loe harus ganti semuanya, makanan kita ancur semua, tahu. ” Inez memarahi pelayan pria itu, sangat ganas.
“ Iya, loe udah ngerusak acara sarapan kita ” sambung Vina
“ Udah, udah. Mungkin pelayan ini ngga sengaja, yaudahlah kita pesan lagi aja ” Nayla menengahi pertengkaran itu.
“ Ngga. Pokoknya dia harus ganti semuanya ” Ketus Vina dengan wajah marah. Tapi pelayan itu tetap saja diam sambil membereskan sisa-sisa pecahan gelas yang berserakan.
“ Heh, loe punya telinga ngga sih. Kita lagi ngomong, dengerin dong, jawab. Jangan diem aja ” Inez mulai kesal dengan pelayan yang sejak tadi diajak bicara malah diam seribu bahasa, tak lama kemudian pelayan itu malah pergi tanpa meminta maaf dengan raut wajah jutek.
“ Ih, bener-bener deh. Nyebelin banget, sumpah. Songong banget kan kita lagi ngomong malah dicuekin ” ujar Inez kesal tidak terima dengan perlakuan pelayan tadi.
“ Yaudahlah, biarin aja. Mendingan sekarang kita cari tempat lain untuk makan, abis itu kita ke Mall ” Kata Nayla, miss shopping.
    Selesai makan Vina langsung mengeuarkan dompet ditasnya, setelah dicari-cari ternyata dompetnya tidak ada, padahal semua tergantung pada Vina karena Inez dan Nayla pun tidak membawa dompet dan isinya, dewi Vortuna tidak memihak pada ketiga gadis tersebut hingga akhirnya mereka bertiga harus menggantinya dengan menjadi pelayan di restoran tersebut selama 2 hari.
“ Please deh, seorang Inez nyuci piring? ” Keluh inez sambil memegang kepalanya
“ Seorang Nayla gitu. Masa nganterin minuman dan makanan buat tamu? ” sambung Nayla
“ Sorry, ntar gue ganti deh. Tapi sekarang kalian bantu gue ya. ” Vina meminta maaf
“Huh, loe sih. Pokoknya ntar loe harus ganti kuku gue yang rusak, baju gue yang kotor, semuanya deh ” Ujar Inez kesal, Nayla hanya menganggukkan kepalanya
“ Iya, gue ganti. Tapi jangan mahal-mahal ya ” Vina mencoba mengharapkan keringanan dari kedua temannya
“ Pake nawar lagi, enak aja.Pokoknya ngga ada tawar menawar, iya kan, nez..? ” Ujar Nayla menolak permohonan Vina tersebut.
Tidak lama kemudian pemilik restoran itu datang, dan mempersilahkan ketiga gadis tersebut untuk mengganti pakaiannya dengan pakaian pelayan. Di dapur, semua melihat mereka seperti orang aneh, ternyata di dapur juga mereka bertemu dengan pelayan yang menumpahkan air di meja tadi. Tapi, pelayan itu terlihat bahagia melihat mereka memakai baju yang sama seperti mereka, bahkan sempat mengejek.
“ Bagus sekali bajunya, ngga nyangka ada orang kaya juga yang memakai baju pelayan ” Ejek pelayan itu dan berlalu.
“ Heh, dasar cowok nyebelin. Kita pake baju begini juga ngga selamanya, ngga kaya loe. ” Inez membalas ejekan tersebut.
“ Baru berlibur ke Bali aja udah sombong, gimana kalo berlibur ke Amerika tambah besar aja tuh, kepala. ” Pelayan itu terus saja mengejek Inez dan kedua temannya.
   Karena terdengar keributan di dapur, pemilik restoran tersebut berusaha menghentikan keributan itu, karena kesal pelayan tersebut langsung pergi meninggalkan mereka di dapur.
“ Maafkan keponakan saya, dia sedang belajar mandiri disini. Orangtuanya sudah tak sanggup mengurusnya di rumah karena kenakalannya yang selalu mengandalkan harta orangtua, makanya dia diusir dari rumah, dan orangtuanya menyuruh bekerja disini. ” Kata pemilik restoran itu cerita panjang lebar.
“ Oh……. ” Jawab Inez dan temen-temannya hampir berbarengan.
“ Sudahlah, sekarang kalian lanjutkan kerjanya. Saya harap kalian tidak ribut lagi dengan Aldy ” Kata pemilik restoran itu, dan pergi meninggalkan dapur.
    Tak terasa terik matahari begitu panas di bumi Bali saat ini, keringat tak henti-hentinya mengaliri tubuh ketiga gadis itu, padahal sebelumnya tak pernah keringat membanjiri tubuh mereka kecuali karena lari pagi.
“ Fiuh…. Panas banget sih hari ini, udah panas belum mandi lagi. Mamih, help me please. Ngga nyangka banget bakalan begini jadinya, mendingan dirumah aja deh ngga usah tour gratis ke Bali segala. Nyesel banget gue. ” Keluh Inez sendirian, sambil mengibaskan nampan tempat air yang baru saja dia suguhkan kepada para tamu.
“ Emang enak, jadi pelayan?? Baru kerja dikit aja ngeluh, dasar manja. ” Ejek Aldy, tiba-tiba muncul dibelakang Inez dan langsung berlalu.
“ Dasar cowok nyebelin, rese banget sih loe. Heh, tiang bendera hidup. Ngga bakalan gue maafin loe, sampe idul fitri keseribu pun ngga sudi gue maafin loe ” seru Inez kesal, sambil menunjuk kearah Aldy, namun Aldy tidak menggubris omongan Inez. Dia terus saja berlalu membiarkan Inez marah-marah sendiri seperti orang gila.
“ Loe kenapa lagi, Nez? ” Tanya Nayla tiba-tiba muncul
“ Iya, loe kenapa sih? ” Tanya Vina menyusul Nayla
“ Ngga tahu, enek banget gue liat muka dia. Sumpah deh ngeseln banget tuh cowok. ” Jawab Inez dengan muka kesalnya.
“ Ngga usah benci-benci banget kali, bahaya loh ” Ujar Vina sok tahu
“ Ngga usah Lebay, deh. ” Jawab Inez tambah kesal
    Akhirnya 1 hari terlewati dan sekarang adalah hari terakhir ketiga gadis itu bekerja di restoran yang menyebalkan itu (menurut Inez), mereka tampak senang sekali meskipun sering kali Aldy mengejek mereka. “Masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri” itu yang kini mereka terapkan direstoran itu.
“ Akhirnya selesai juga pekerjaan kita, gue udah ngga kuat disini. Kangen banget sama rumah, sumpah deh ngga mau lagi kalo dapet tiket ke Bali. Ih, ntar ketemu cowok nyebelin itu lagi. ” Ujar Inez kepada kedua temannya sambil duduk dimeja tamu layaknya tamu yang harus dilayani
“ Heh, ngapain duduk enak-enakan disini? Piring numpuk nungguin loe pada, kedapur sana. Gaya loe kaya tamu terhormat aja. ” kata Aldy membuat wajah ketiga gadis itu merah padam, marah.
“ Heh, suka-suka kita dong mau duduk atau berdiri,bukan urusan loe. Lagian pekerjaan kita udah beres semua, sekarang waktunya kita pulang. Terserah loe deh mau ngomong apa, semoga aja gue ngga bakal ketemu lagi sama cowok nyebelin kaya loe ” Inez berkata sedikit membentak, dan menunjukkan jari telunjukknya ke arah wajah aldy.
“ Iya, kita udah muak liat loe. Selamat melanjutkan pekerjaannya, kita pulang dulu ” Sambung Vina dan melambaikan tangan dan diikuti Inez dan Nayla, dan berlalu meninggalkan Aldy sendirian. Aldy hanya diam, memasang wajah kesal seperti penuh dendam.
(^_^)
     Malam hari di Bali, mereka ke salon mempercantik diri.
“ Banyak banget ya, kesan kita selama di Bali. Dari yang mulai menyenangkan sampai yang menyebalkan ” Kata Vina mengingat memorinya
“ Iya, apalagi ketemu cowok nyebelin itu, si Aldy. Ngga bakalan gue ke restoran itu lagi, gue juga ngga mau kalo dapet tiket gratis tour ke Bali lagi, gila aja kita disini terlantar. Cuma waktu berangkatnya aja dianterin, pas nyampe disini? Kita kaya orang hilang ”  Ujar Inez kesal
“ Habis ke salon, kita ke mall ya, trus baru deh kita pulang ” Pinta Nayla, miss shopping.
“ Iya….” Jawab Vina pasrah, semua yang membayarnya adalah Vina
“ Nay, Vin. Ternyata sepi juga ya ngga ada cowok itu, biasanya kalo ada dia kita berantem terus. Mulutnya juga kaya Beo ngomong terus. Tapi, ngga ah. Malahan bersyukur banget ngga ketemu dia lagi ” Inez merasa bimbang
“ Jangan-jangan loe suka sama Aldy, hayo ngaku ” Nayla merayu Inez
“ Ngga mungkin lah, gue suka sama dia ”
“ Mungkin aja” Sambung Vina
“ Ngga mungkin ”
“ Mungkin…”
“ Ngga mungkin…!!!”
“ Mungkin….!!! ” Seru Vina dan Nayla, hampir berbarengan.
    Waktu menunjukkan pukul 20.00, malam ini adalah kepulangan mereka dari Bali dan kembali ke Jakarta, tempat mereka tinggal. Perjalanan pulang mereka sangatlah melelahkan, ketiganya tertidur di pesawat. Sesampainya di Jakarta, mereka senang sekali. Langsung berpelukan dengan orang-orang yang mereka sayang. Nayla dengan orang tuanya, Vina dengan ibu dan adiknya, sementara Inez?
“ Bunda kemana bi? ” Tanya Inez kecewa. Ketika yang ia lihat bukanlah bundanya, tetapi pembantunya, yang tak lain adalah bi Imah.
“ Nyonya sedang ada tamu penting di rumah, non. ” Jawab bi Imah seadanya
“ Sepenting apa sih tamu itu? Sampai tega ngga jemput Inez disini? ” Ujar Inez lagi, sedih dan kesal
“ Sudahlah. mendingan kita pulang saja, non. Nyonya sudah menunggu kita dirumah ” Bi Imah mengajak Inez pulang, Inez pun menuruti ajakan bi Imah meski dengan wjah kusut.
(^_^)
   Sesampainya dirumah….
“ Halo, sayang. Sini duduk dekat bunda ” Sapa bundanya ketika melihat Inez didepan pintu.
Ada apa, bunda? ” Tanya Inez penasaran disuruh duduk oleh bundanya, dan melihat seorang bapa memakai dasi yang tersenyum melihatnya. Inez pun membalas senyuman itu, tapi tipis sekali.
“ Bunda memanggil guru private untuk menemani kamu belajar dirumah ” Kata sang bunda, membuat Inez kaget.
“ Guru private yang mana bunda? ” Tanya Inez penasaran, berharap guru private itu bukan seorang bapa yang memakai dasi duduk didepannya.
“ Dia sedang dikamar mandi, itu dia ” Bunda menunjuk kearah lelaki yang sedang berjalan menuju ruang tamu, bukanlah seorang bapa yang memakai dasi itu karena bapa itu hanya mengantarkan calon guru private Inez.
“ Hah!!! Aldy??? ” Teriak Inez kaget.
“ Aldy? Dia itu Reza, sayang. Bukan Aldy ” Bunda membenarkan perkataannya
“ Perkenalkan saya Reza ” Ujar lelaki itu menjabat tangan Inez, Inez pun menerima jabat tangan itu sambil terheran-heran.
“ Pasti loe Aldy, kan? ” Tanya Inez sekali lagi, yakin bahwa lelaki yang dia lihat itu adalah Aldy.
   Akhirnya semua yang dirumah itu meyakinkan Inez bahwa lelaki yang akan menjadi guru privatenya itu adalah Reza bukan Aldy. Hingga akhirnya Inez percaya bahwa lelaki itu adalah Reza bukan Aldy, cowok nyebelin yang dia temui di Bali.
    Sudah 1 minggu Reza menjadi guru private Inez, tapi tidak ada kesamaan antara Reza dengan Aldy, hingga akhirnya Inez yakin betul bahwa guru privatenya itu bukanlah Aldy yang ia temui di Bali. Setelah lama menjadi guru private Inez, meski umur mereka yang terlampau jauh tidak ada yang melarang mereka untuk menjalin hubungan. Reza menyatakan perasaannya kepada Inez dan mungkin diluar dugaan Reza sebelumnya, Inez pun memiliki perasaan yang sama dengannya.               Suatu hari Reza mengajak Inez ke taman yang berada didekat rumahnya, disana Reza mengatakan sesuatu yang tidak inez percaya dan sangat diluar dugaannya.
“ Maaf selama ini gue udah bohongin, loe ” Kata Reza dengan sedikit menyesal
“ Maksudnya? ” Tanya Inez, tidak mengerti
“ Sebenarnya,…..gue Aldy yang selam ini loe benci. Tapi gue ngelakuin ini karena gue suka sama loe, semua orang dirumah ini setuju dengan penyamaran gue selama ini ” Aldy menjelaskan panjang lebar.
“……………” Inez tidak menjawab sedikitpun, ia terlihat menunduk. Entah kecewa, ataukah bahagia yang sekarang ia rasakan
“ Mau kan maafin gue? ” Aldy mengajak berjabat tangan, namun Inez tetap terdiam.
“ Maafin gue, ya? ” Aldy mengulangi permohonan maafnya itu, namun Inez malah bangkit dari tempat duduknya, berdiri memandang kearah reza dan berkata…
“ Ih, tega banget sih bo’ongin gue. Nyebelin deh… awas aja kalo bo’ongin gue lagi, ngga mau gue maafin loe ” Inez memukul-mukul pundak Aldy, kesal, senang, semua perasaan saat itu bercampur jadi satu.
“ Sumpah deh, ngga bakalan buat loe kesel lagi ” Jawab Aldy sambil sedikit merintih karena pundaknya yang dipukul-pukul Inez saat itu, dan mengacungkan kedua jarinya menandakan damai. (*)

#cerpen tahun 2009an

0 Response to "Cerpen - Asyik, Gue Dapet Tiket ke Bali !!"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar positif, salam sayang saling mengunjungi